Menyembelih Qurban Bersama Masyarakat

penulis Kegiatan

Tepat pukul 08.30 pada hari Rabu 17 November 2010 pagi setelah menunaikan solat I’dul Adlha 1431 H. suara takbir terdengar dengan merdunya dari lisan-lisan mungil dengan diiringi terbang dan jidor yang ditabuh sekenanya oleh tangan-tangan lucu sejumlah anak asuh Yayasan Anak Yatim AT-TAUFIQ Sanan Malang. Suara takbir dan terbang jidor yang bergema untuk menandai akan dimulainya penyembelihan hewan korban di Ma’had/Pondok yang dihuni oleh 42 anak yatim.
Suasana gembira dan suka ria tampak pada wajah-wajah lucu mereka. Kegembiraan mereka semakin bertambah setelah teman-teman sebaya dan para tetangga yang terdiri dari bapak-bapak dan ibu-ibu yang bertempat tinggal tidak jauh dari yayasan pada berdatangan. Diantara mereka berbaur menjadi satu mengerumi kambing-kambing yang kelihatan pasrah seolah mengetahui bahwa suara takbir yang dikumandangkan adalah untuk menghantar mereka masuk surga di hadapan Allah swt. Memang kambing-kambing korban yang disembelih pada I’dul Adlha pada hari akhir (hari kiamat) nanti akan menyongsong si pemilik korban dan siap sebagai kendaraan untuk mengantar ke surga Allah swt. Mudah-mudah korban mereka diterima oleh Allah swt.
Alhamdulillah, pada hari I’dul Adlha tahun ini (1431 H) Yayasan Anak Yatim AT-TAUFIQ mendapat amanat menyembelih hewan korban berupa kambing sebanyak 11 ekor. Amanah tersebut dari :

  1. Bapak Wisnu Mardjoko (Perum. Sulfat Agung XII/8 Malang) 1 ekor,
  2. Bapak Salim al-Amudi (Jl. Ciwulan Malang) 1 ekor,
  3. Bapak H. Roesdiarno (Malang) 1 ekor,
  4. Bapak Badrus (Sanan Malang) 1 ekor,
  5. Ibu Suparmi (Sanan Malang) 1 ekor,
  6. Ibu Firli Hikmah Melyana (Jl. Sanan IX Malang) 1 ekor,
  7. Ibu Joko (Malang) 1 ekor,
  8. Bapak Fahrul Rizal (Malang) 1 ekor,
  9. Bapak Fahrul Rizal (Jl. Tumenggung Suryo 92 A Malang) 2 ekor, dan
  10. Ibu Wahyu W ( Jl. Ciwulan Malang) 1 ekor.

Disamping berupa kambing, juga berupa paket daging, baik daging sapi maupun daging kambing. Paket tersebut dari :

  1. Ta’mir Masjid Abdillah ( Jl. Raya Sulfat Malang),
  2. Ta’mir Masjid al-Hidayah ( Jl. Cisadea Malang),
  3. Ta’mir Masjid al-Hidayah (Jl. Titan 3 Malang),
  4. Ta’mir Masjid Ar-Ridlo (Jl. RT. Suryo Malang),
  5. Ta’mir Masjid Cut Nya’ Dien ( Perum Srikandi Sebuku Malang), dan
  6. Ta’mir Masjid An-Nur ( Perum Bumi Meranti Wangi Malang.

Tepat pada pukul 15.00 wib penyembelian telah usai, dan pada waktu itu juga dibagikan secara langsung ke alamat orang-orang berhak, dan ada dua ekor kambing dikirim ke salah satu kampung di daerah Bululawang Malang.
Dengan usainya kegiatan penyembelihan hewan korban tersebut, atas nama pengurus Yayasan menghaturkan banyak terima kasih atas amanah Bapak/Ibu yang telah menyerahkan hewan dan daging korban dan tidak lupa juga kepada Bapak/Ibu serta adik-adik kecil yang ikut membantu, semoga Allah memberkahi, amien ya Rabbal ’Alamin.